3 orang yang perlu anda dekati dalam membangun bisnis | Blog KlikAkuAja.com

Jumat, 02 Oktober 2015

3 orang yang perlu anda dekati dalam membangun bisnis

Jika Anda perhatikan, hampir semua pebisnis sukses, saat membangun bisnisnya tidak sendirian. Biasanya ada partner atau tim yang membantu mereka di awal-awal bisnis mereka hingga membesar seperti saat ini.
Memang benar, Anda bisa saja membangun bisnis sendirian, namun tentunya akan lebih cepat jika Anda bersama dengan orang-orang yang bisa melengkapi kekurangan yang Anda miliki.
Menurut Guy Kawasaki, bisnis yang baru mulai, sebaiknya memiliki 3 jenis orang didalamnya. Ketiga jenis ini akan saling melengkapi kekurangan antara satu dengan lainnya. Sehingga ketika bersama, bisnis tersebut akan lebih cepat melesatnya.
Ketiga jenis orang tersebut adalah:
1. Orang yang bisa memproduksi atau membuat produk.
Tipe pertama adalah sang pemilik ide. Orang yang selalu memiliki ide dan bisa mengeksekusi atau membuat sebuah produk atau jasa yang memiliki nilai dimata orang lain. Banyak sekali bisnis dimulai oleh orang tipe pertama ini.
Tipe pertama ini biasanya memiliki passion yang sangat dalam terhadap produk yang dibuatnya. Beberapa malah sudah masuk kategori idealis. Contoh tipe ini adalah Mark Zuckerberg, pendiri Facebook.
Anda membutuhkan tipe pertama ini agar produk Anda terus berinovasi, berkembang, dan terus maju walaupun sudah banyak pesaingnya.
Bagaimana jika Anda tidak bisa membuat produk, namun tahu produk yang bagus? Atau bagaimana jika Anda tahu produk layak dijual itu seperti apa, namun tidak memiliki kapasitas untuk memproduksinya? Jawabannya adalah menjadi reseller. 
2. Orang yang bisa menjual sesuatu.
Tipe kedua yang harus ada dalam bisnis Anda adalah orang yang bisa menjual produk yang dibuat oleh tipe pertama. Orang seperti ini biasanya memiliki banyak teman dan sangat nyaman berada ditengah kerumunan banyak orang.
Ia juga memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain baik melalui kata-kata, tindakan, maupun tulisan. Orang seperti ini biasanya juga lihai dalam melakukan presentasi dan tidak demam panggung. Contoh tipe ini adalah Steve Jobs, pendiri Apple.
3. Orang yang bisa mengatur keuangan.
Tipe ketiga adalah orang yang biasanya sangat teliti dan bersahabat dengan angka-angka. Tipe seperti ini senang berada di belakang layar.
Orang seperti ini juga biasanya sangat disiplin dan cendrung kaku saat bertemu orang lain. Sayangnya, tipe ketiga ini adalah tipe yang sangat jarang ada diantara orang-orang yang membangun bisnis, padahal akuntansi atau keuangan adalah bahasanya bisnis. Contoh tipe seperti ini adalah Warren Buffet, pendiri Berkshire Hathaway.
Sangat berbahaya jika Anda tidak memahami keuangan didalam bisnis. Saya sering menemui pengusaha yang memiliki omset yang besar, namun bingung, keuntungan mereka kenapa sangat kecil? Belum lagi masalah pajak. 
Sumber: Email Forwader YukBisnis

Romeltea Media
Blog KlikAkuAja.com Updated at:

Berkomentarnya yang bijak, agar anda disegani :)

Posting Komentar

 
back to top