Bukti pembayaran sewa kost sangat penting | Blog KlikAkuAja.com

Minggu, 01 November 2015

Bukti pembayaran sewa kost sangat penting

Berdasarkan survey yang saya lakukan didaerah saya dan beberapa daerah lainnya, masih banyak para pemilik usaha rumah kost tidak memberikan bukti pembayaran kepada penyewa kost yang membayar sewa kostnya, mereka hanya menerima begitu saja bahkan ada yang tanpa pencatatan apapun. 
Mungkin mereka lakukan hal itu karena atas dasar saling kepercayaan antara pemilik dan penyewa. Pikiran saya, mungkin mereka tidak serius mengurus usaha kostnya. Jika mereka benar-benar pengusaha rumah kost sejati pasti akan terpikirkan dampak yang terjadi akibat dari sistem administrasi rumah kost yang tidak baik, salah satunya dengan tidak memberikan bukti pembayaran tadi.
Mengapa pemilik rumah kost wajib memberikan bukti pembayaran sewa kost? Kita manusia memiliki satu kebiasaan sepeleh tapi dampaknya besar yaitu "LUPA". Jika kamar rumah kost hanya 2 kamar, mungkin tidak perlu dibuatkan bukti pembayaran karena mudah diingat, hanya 2 orang yang menyewa. Tapi bagaimana dengan pemilik rumah kost yang memiliki lebih dari 10 kamar? apakah pemilik rumah kost sanggup menghafal berapa penyewa kost yang menunggak tiap bulannya?. Disinilah bukti pembayaran itu sangat penting untuk dikeluarkan agar antara pemilik rumah kost dan penyewa tidak saling berdebat apabila ada kesalahpahaman dalam pembayaran sewa kamar kost.
Bukti pembayaran, dapat dibuat dengan membeli kwitansi kosong pada toko alat tulis terdekat atau jika pemilik rumah kost lebih tertatah lagi administrasi rumah kostnya maka pemilik rumah kost tersebut wajib mengubah administrasi rumah kost menjadi terkomputerisasi. Hal ini agar memudahkan pemilik rumah kost memantau transaksi pembayaran penyewa dan mengetahui keuntungan/kerugian yang didapatnya.
Berikut beberapa format bukti pembayaran secara komputerisasi yang berasal dari software rumah kost:
1. Invoice pembayaran
Invoice pembayaran ini dikeluarkan sebelum penyewa membayar sewa kostnya. Hal ini dilakukan untuk mengingatkan kepada penyewa jumlah sewa yang harus dibayarkan.
2. Bukti pembayaran sewa
Bukti pembayaran sewa ini dikeluarkan pada saat penyewa membayar sewa kostnya. 3. Bukti pembayaran tagihan
Bukti tagihan ini dikeluarkan jika penyewa sudah membayar tagihan bulanannya.
Mudah-mudahan, informasi ini berguna untuk anda khusus para pemilik usaha rumah kost.

Romeltea Media
Blog KlikAkuAja.com Updated at:

Berkomentarnya yang bijak, agar anda disegani :)

Posting Komentar

 
back to top